Rabu, 18 April 2012

Bagaimana Walet Membuat Sarang


Burung walet akan membuat sarang saat mau bertelur ( naluri burung ) proses ini akan dimulai dengan membuat landasan sarang sampai menjadi sarang prosesnya bisa sebulan bisa juga lebih tergantung musim atau cuaca hujan atau kemarau .Biasanya bila musim hujan lebih cepet sebab makanan sangat banyak dan kalau sudah masuk musim kemarau maka agak lebih lama. Burung walet yang akan bertelur biasanya ditandai dengan kejar kejaran sambil bunyi ciiiir..ciiir..ciiir . Mereka berputar putar sambil terbang cepet saling kejar antara jantan dan betina. Proses membuat sarang biasanya di sudut atau di deket tweeter dimana sangat nyaman buat sarang. dan apabila di tempat itu mereka membuat sarang maka selamanya akan menetap di situ, beranak pinak. Walet dengan sabar mengeluarkan liurnya menempelkannya pada papan sirip yang telah disediakan siang dan malam sampai menjadi sarang yang sempurna seperti yang sering kita lihat. Itulah perjuangan sepasang walet dalam membuat sarang untuk kelangsungan hidup anak keturunannya.

9 komentar:

  1. pada musim kawin, walet pun ber'senggama' jantan-betina, mengeluarkan suara khas, apakah suara walet kawin ini dapat juga mengundang walet-walet lain untuk masuk RBW, atau justeru mengusir walet yang lain? apakah walet termasuk binatang setia? atau 'playboy'?

    BalasHapus
  2. menurut penelitian walet setia pada pasangannya, memang walet saat kawin mengeluarkan suara khas itulah pertanda dia siap dibuahi dan waktunya akan bertelur

    BalasHapus
  3. biasanya jam berapa sihh walet membyuat sarang...page apa malam ea ganss

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pagi atau malam sebab sarang akan di buat saat walet akan mulai bertelur itu sudah nalurinya

      Hapus
  4. bos, brpa lama induk mengeram telur sampai menetas

    BalasHapus
  5. Saya pny RBW baru,baru aktif on 25 hari,yg inap sudah 25 ekor walet,apakah ini termasuk cepat atau sebaliknya??

    BalasHapus
  6. RBW saya baru on 25 hari,dan sudah inap 25ekor walet,apakah ini termasuk cepat atau sebaliknya??

    BalasHapus